Social Icons

about me

Rabu, 30 Maret 2011

Elang Slovenia Lahirkan Supercar Dahsyat






Seru juga kalau supercar antarnegara dikompetisikan, siapa tahu bisa mengalahkan nama-nama besar seperti Bugatti, Koenigsegg atau Pogani yang sudah diakui dan dihormati. Kompas.com pun pernah menampilkan sedan-sedan bertenaga dahsyat dari mancanegara.

Sebut Hulme CamAm dari Selandia Baru, Rusia punya Marussia, Polandia ada Veno, Brasil dengan Amontz dan Spirra dari Korea Selatan. Nah, sekarang muncul dari Slovenia dengan supercar kebanggaannya Slovenian Equilibrium yang dibikin Shayton, perusahaan baru yang artinya "Elang" (Falcon).

Mau tahu berapa harganya? Dibanderol Rp12,2 miliar (1.390.000 dollar Amerika). Apa keistimewaan sedan dua pintu hasil perancang lokal Andrej Stanta ini?

Mobil kupe sport ini dibekali mesin V12 (tidak disebutkan kapasitasnya) bertenaga 1.084 HP dengan torsi 930 Nm pada 5.000 rpm. kecepatan maksimum 400 km per jam dengan akselerasi 2,9 detik untuk melesat dari 0-100 km per jam dan 8,5 detik ketika jarum speedmeter menunjuk angka 200 km per jam.

Bobotnya 1.200 kg dan power-to-weight rationya 1.42 kg/HP. Bisa seringan itu lantaran menggunakan bahan aluminium, serat karbon dan tatinium untuk bodi, sasis dan komponen-komponen tertentu.

Shayton berencana memproduksi 20 unit setahun. Tapi, yang paling dibutuhkan sekarang ini, yakni dana untuk membuat prototipenya. Karena Equilibrium yang Anda lihat sekarang ini adalah gambar di atas kertas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar